Penerimaan CPNS 2013 di
lingkungan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dimulai besok. Daftar online bagi
calon pelamar dibuka mulai 14 September sampai 26 September 2013.
Para
pelamar harus daftar online di sscn.bkn.go.id untuk mengikuti proses seleksi
pada penerimaan CPNS 2013 di Pemprov Sumbar.
Maklumat
tentang penerimaan CPNS 2013 di Sumbar disampaikan melalui Pengumuman Nomor
Nomor : 800/4557/BKD – 2013 tentang Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil
(CPNS) di Lingkungan Pemprov Sumbar Tahun 2013 dari Pelamar Umum.
Berikut
tata cara daftar online yang diatur dalam pengumuman tersebut :
TATA CARA
PENDAFTARAN/LAMARAN
1.
Pelamar wajib memiliki alamat email dan nomor HP yang aktif untuk mengikuti
proses rekrutmen CPNS Provinsi Sumatera Barat.
2. Setiap pelamar harus mendaftar melalui website pendaftaran nasional dengan alamat sscn.bkn.go.id dimulai dari tanggal 14 September s.d. 26 September 2013.
3. Setiap pelamar diperkenankan mendaftar hanya 1 (satu) kali.
4. Melakukan pendaftaran online dengan cara:
a. Buka halaman website pendaftaran nasional, baca seluruh informasi atau petunjuk yang tersedia.
b. Klik link Pendaftaran CPNS untuk melakukan pendaftaran.
c. Isi formulir registrasi yang muncul.
d. Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP atau dokumen terkait.
e. Pastikan isian formasi dan pendidikan yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
f. Klik tombol Daftar untuk memproses pendaftaran dan nomor registrasi pendaftaran.
g. Cetak tanda bukti pendaftaran.
1) Tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak di tempat lain.
2) Tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak wajib dilampirkan pada berkas lamaran yang dikirimkan kepada panitia penerimaan CPNS Provinsi Sumatera Barat.
5. Selanjutnya peserta wajib mengirimkan berkas lamaran kepada panitia paling lambat tanggal 26 September 2013 stempel pos, yang berisi:
a. Tanda bukti pendaftaran online.
b. Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris, mencantumkan biodata antara lain: nama, tempat dan tanggal lahir, status (nikah/belum nikah/janda/duda), alamat jelas yang mudah dihubungi dan nomor telepon/HP, Pendidikan, dan jabatan yang dilamar, ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-.
c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai/daftar nilai (Surat Keterangan Lulus tidak berlaku) masing-masing sebanyak 1 (satu) lembar yang dilegalisasi oleh pejabat
yang berwenang yaitu:
1) Rektor/Dekan Fakultas/Pembantu Dekan Bidang Akademik bagi tamatan Universitas/Institut.
2) Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik bagi tamatan Sekolah Tinggi.
3) Direktur/Pembantu Direktur Bidang Akademik bagi tamatan Akademi dan Politeknik.
4) Kepala Sekolah/Kepala Dinas Pendidikan bagi tamatan SLTA sederjat.
d. Fotokopi KTP 1 (satu) lembar disteples di sudut kanan atas surat lamaran.
e. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 (enam) lembar,
dibelakangnya ditulis nama lengkap dan NIK/nomor KTP dimasukan dalam plastik putih transparan.
f. Fotokopi sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (khusus bagi formasi jabatan yang mensyaratkan).
g. Fotokopi piagam/sertifikat atas prestasinya yang dikeluarkan oleh lembaga/induk organisasi yang berwenang dan fotokopi surat keterangan sah piagam/sertifikat dari
induk organisasi cabang olahraga atau lembaga yang membidangi keolahragaan (khusus Atlet Renang Berprestasi).
h. Fotokopi Ijazah Pendidikan Profesi (khusus formasi Dokter Umum/Dokter Hewan/Apoteker).
i. Fotokopi abstrak tugas akhir/skripsi tentang pengairan (khusus untuk Perencana Teknik Pengairan dan Pengawas Teknik Pengairan).
j. Fotokopi STR atau SIB yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (khusus untuk tenaga kesehatan yang mensyaratkan).
k. Fotokopi salah satu sertifikat pelatihan ACLS/ATLS/PPGD/GELS yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (khusus untuk Dokter Umum).
l. Fotokopi salah satu sertifikat pelatihan BCLS/BTLS/PPGD/Sertifikat Kompetensi Bidan (SKB)/APN yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (khusus untuk Perawat (tidak termasuk perawat anestesi) dan Bidan)
6. Seluruh berkas lamaran disusun rapi dalam map bertulang (snelhecter) berbahan kertas dan dimasukkan dalam amplop berwarna coklat menuliskan kode formasi di
sudut kanan atas. Berkas disusun dengan urutan sebagai berikut :
a. Tanda bukti pendaftaran online.
b. Fotokopi KTP dan pas foto disteples di sudut kanan atas surat lamaran.
c. Surat lamaran.
d. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai/daftar nilai.
e. Fotokopi sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris (khusus bagi formasi jabatan yang mensyaratkan).
f. Fotokopi piagam/sertifikat prestasi dan fotokopi surat keterangan sah piagam/sertifikat (khusus Atlet Renang Berprestasi).
g. Fotokopi Ijazah Pendidikan Profesi (khusus formasi Dokter Umum/Dokter Hewan/Apoteker).
h. Fotokopi abstrak tugas akhir/skripsi tentang pengairan (khusus untuk Pengawas Teknik Pengairan).
i. Fotokopi STR atau SIB (khusus untuk tenaga kesehatan yang mensyaratkan).
j. Fotokopi salah satu sertifikat pelatihan ACLS/ATLS/PPGD/GELS (khusus untuk Dokter Umum).
k. Fotokopi salah satu sertifikat pelatihan BCLS/BTLS/PPGD/Sertifikat Kompetensi Bidan (SKB)/APN (khusus untuk Perawat (tidak termasuk perawat anestesi) dan Bidan)
l. Amplop ukuran 11 x 23 cm dan ditempel prangko 3.000 serta ditulis nama dengan alamat lengkap dan no. HP pelamar pada tujuan surat, sebanyak 1 (satu) lembar
(alamat amplop harus alamat pelamar yang paling mudah dicari dan dijangkau oleh pihak PT POS)
7. Ketentuan warna map bertulang (snelhecter) bagi pelamar adalah sebagai berikut :
a. Tenaga Pendidikan (non-disabilitas) menggunakan map snelhecter warna Merah.
b. Formasi Dokter Umum menggunakan map snelhecter warna Putih.
c. Formasi Perawat (S1, D.III) dan Perawat Anestesi menggunakan map snelhecter warna Hijau.
d. Formasi Bidan dan Fisioterapis menggunakan map snelhecter warna Biru.
e. Formasi Apoteker menggunakan map snelhecter warna Coklat.
f. Tenaga Teknis (non-disabilitas) menggunakan map snelhecter warna Kuning.
g. Formasi Pelatih Renang dan Formasi Disabilitas menggunakan map snelhecter warna Merah Muda.
8. Panitia tidak menerima berkas lamaran yang disampaikan selain melalui PO BOX resmi dan hanya akan memprosesnya apabila alamat tujuan amplop berkas lamaran
sesuai dengan kelompok formasinya, berkas lamaran disampaikan ke alamat sebagai berikut:
NO JENIS TENAGA/JABATAN TUJUAN SURAT
1. Tenaga Pendidikan (non-disabilitas) PO BOX 25001 Sumatera Barat
2. Formasi Dokter Umum PO BOX 25002 Sumatera Barat
3. Formasi Perawat (S1, D.III) dan Perawat Anestesi PO BOX 25003 Sumatera Barat
4. Formasi Bidan dan Fisioterapis PO BOX 25004 Sumatera Barat
5. Formasi Apoteker PO BOX 25005 Sumatera Barat
6. Tenaga Teknis (non-disabilitas) PO BOX 25006 Sumatera Barat
7. Formasi Pelatih Renang dan Formasi Disabilitas PO BOX 25007 Sumatera Barat
PROSES SELEKSI
Seleksi dilakukan sebanyak 2 (dua) tahap yaitu:
a. Seleksi Administrasi
b. Tes Kompetensi Dasar (TKD)-
JADWAL DAN LOKASI TES
Jadwal dan lokasi tes akan diberitahukan kemudian, pada minggu pertama Oktober 2013 melalui website www.sumbarprov.go.id.
LAIN-LAIN
1. Selama proses ujian seleksi, pelamar tidak dibenarkan membawa tas, HP/alat komunikasi lainnya atau peralatan lain selain keperluan ujian ke dalam ruang CAT.
2. Pelamar yang ikut ujian seleksi wajib membawa kartu tanda ujian asli dan KTP asli yang masih berlaku.
3. Selama proses seleksi, pelamar wajib berpakaian hitam putih, rapi dan sopan.
4. Alat tulis diperlukan pada saat tes.
5. Panitia tidak memproses setiap lamaran yang tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh panitia. ****
2. Setiap pelamar harus mendaftar melalui website pendaftaran nasional dengan alamat sscn.bkn.go.id dimulai dari tanggal 14 September s.d. 26 September 2013.
3. Setiap pelamar diperkenankan mendaftar hanya 1 (satu) kali.
4. Melakukan pendaftaran online dengan cara:
a. Buka halaman website pendaftaran nasional, baca seluruh informasi atau petunjuk yang tersedia.
b. Klik link Pendaftaran CPNS untuk melakukan pendaftaran.
c. Isi formulir registrasi yang muncul.
d. Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP atau dokumen terkait.
e. Pastikan isian formasi dan pendidikan yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
f. Klik tombol Daftar untuk memproses pendaftaran dan nomor registrasi pendaftaran.
g. Cetak tanda bukti pendaftaran.
1) Tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak di tempat lain.
2) Tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak wajib dilampirkan pada berkas lamaran yang dikirimkan kepada panitia penerimaan CPNS Provinsi Sumatera Barat.
5. Selanjutnya peserta wajib mengirimkan berkas lamaran kepada panitia paling lambat tanggal 26 September 2013 stempel pos, yang berisi:
a. Tanda bukti pendaftaran online.
b. Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris, mencantumkan biodata antara lain: nama, tempat dan tanggal lahir, status (nikah/belum nikah/janda/duda), alamat jelas yang mudah dihubungi dan nomor telepon/HP, Pendidikan, dan jabatan yang dilamar, ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-.
c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai/daftar nilai (Surat Keterangan Lulus tidak berlaku) masing-masing sebanyak 1 (satu) lembar yang dilegalisasi oleh pejabat
yang berwenang yaitu:
1) Rektor/Dekan Fakultas/Pembantu Dekan Bidang Akademik bagi tamatan Universitas/Institut.
2) Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik bagi tamatan Sekolah Tinggi.
3) Direktur/Pembantu Direktur Bidang Akademik bagi tamatan Akademi dan Politeknik.
4) Kepala Sekolah/Kepala Dinas Pendidikan bagi tamatan SLTA sederjat.
d. Fotokopi KTP 1 (satu) lembar disteples di sudut kanan atas surat lamaran.
e. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 (enam) lembar,
dibelakangnya ditulis nama lengkap dan NIK/nomor KTP dimasukan dalam plastik putih transparan.
f. Fotokopi sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (khusus bagi formasi jabatan yang mensyaratkan).
g. Fotokopi piagam/sertifikat atas prestasinya yang dikeluarkan oleh lembaga/induk organisasi yang berwenang dan fotokopi surat keterangan sah piagam/sertifikat dari
induk organisasi cabang olahraga atau lembaga yang membidangi keolahragaan (khusus Atlet Renang Berprestasi).
h. Fotokopi Ijazah Pendidikan Profesi (khusus formasi Dokter Umum/Dokter Hewan/Apoteker).
i. Fotokopi abstrak tugas akhir/skripsi tentang pengairan (khusus untuk Perencana Teknik Pengairan dan Pengawas Teknik Pengairan).
j. Fotokopi STR atau SIB yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (khusus untuk tenaga kesehatan yang mensyaratkan).
k. Fotokopi salah satu sertifikat pelatihan ACLS/ATLS/PPGD/GELS yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (khusus untuk Dokter Umum).
l. Fotokopi salah satu sertifikat pelatihan BCLS/BTLS/PPGD/Sertifikat Kompetensi Bidan (SKB)/APN yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (khusus untuk Perawat (tidak termasuk perawat anestesi) dan Bidan)
6. Seluruh berkas lamaran disusun rapi dalam map bertulang (snelhecter) berbahan kertas dan dimasukkan dalam amplop berwarna coklat menuliskan kode formasi di
sudut kanan atas. Berkas disusun dengan urutan sebagai berikut :
a. Tanda bukti pendaftaran online.
b. Fotokopi KTP dan pas foto disteples di sudut kanan atas surat lamaran.
c. Surat lamaran.
d. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai/daftar nilai.
e. Fotokopi sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris (khusus bagi formasi jabatan yang mensyaratkan).
f. Fotokopi piagam/sertifikat prestasi dan fotokopi surat keterangan sah piagam/sertifikat (khusus Atlet Renang Berprestasi).
g. Fotokopi Ijazah Pendidikan Profesi (khusus formasi Dokter Umum/Dokter Hewan/Apoteker).
h. Fotokopi abstrak tugas akhir/skripsi tentang pengairan (khusus untuk Pengawas Teknik Pengairan).
i. Fotokopi STR atau SIB (khusus untuk tenaga kesehatan yang mensyaratkan).
j. Fotokopi salah satu sertifikat pelatihan ACLS/ATLS/PPGD/GELS (khusus untuk Dokter Umum).
k. Fotokopi salah satu sertifikat pelatihan BCLS/BTLS/PPGD/Sertifikat Kompetensi Bidan (SKB)/APN (khusus untuk Perawat (tidak termasuk perawat anestesi) dan Bidan)
l. Amplop ukuran 11 x 23 cm dan ditempel prangko 3.000 serta ditulis nama dengan alamat lengkap dan no. HP pelamar pada tujuan surat, sebanyak 1 (satu) lembar
(alamat amplop harus alamat pelamar yang paling mudah dicari dan dijangkau oleh pihak PT POS)
7. Ketentuan warna map bertulang (snelhecter) bagi pelamar adalah sebagai berikut :
a. Tenaga Pendidikan (non-disabilitas) menggunakan map snelhecter warna Merah.
b. Formasi Dokter Umum menggunakan map snelhecter warna Putih.
c. Formasi Perawat (S1, D.III) dan Perawat Anestesi menggunakan map snelhecter warna Hijau.
d. Formasi Bidan dan Fisioterapis menggunakan map snelhecter warna Biru.
e. Formasi Apoteker menggunakan map snelhecter warna Coklat.
f. Tenaga Teknis (non-disabilitas) menggunakan map snelhecter warna Kuning.
g. Formasi Pelatih Renang dan Formasi Disabilitas menggunakan map snelhecter warna Merah Muda.
8. Panitia tidak menerima berkas lamaran yang disampaikan selain melalui PO BOX resmi dan hanya akan memprosesnya apabila alamat tujuan amplop berkas lamaran
sesuai dengan kelompok formasinya, berkas lamaran disampaikan ke alamat sebagai berikut:
NO JENIS TENAGA/JABATAN TUJUAN SURAT
1. Tenaga Pendidikan (non-disabilitas) PO BOX 25001 Sumatera Barat
2. Formasi Dokter Umum PO BOX 25002 Sumatera Barat
3. Formasi Perawat (S1, D.III) dan Perawat Anestesi PO BOX 25003 Sumatera Barat
4. Formasi Bidan dan Fisioterapis PO BOX 25004 Sumatera Barat
5. Formasi Apoteker PO BOX 25005 Sumatera Barat
6. Tenaga Teknis (non-disabilitas) PO BOX 25006 Sumatera Barat
7. Formasi Pelatih Renang dan Formasi Disabilitas PO BOX 25007 Sumatera Barat
PROSES SELEKSI
Seleksi dilakukan sebanyak 2 (dua) tahap yaitu:
a. Seleksi Administrasi
b. Tes Kompetensi Dasar (TKD)-
JADWAL DAN LOKASI TES
Jadwal dan lokasi tes akan diberitahukan kemudian, pada minggu pertama Oktober 2013 melalui website www.sumbarprov.go.id.
LAIN-LAIN
1. Selama proses ujian seleksi, pelamar tidak dibenarkan membawa tas, HP/alat komunikasi lainnya atau peralatan lain selain keperluan ujian ke dalam ruang CAT.
2. Pelamar yang ikut ujian seleksi wajib membawa kartu tanda ujian asli dan KTP asli yang masih berlaku.
3. Selama proses seleksi, pelamar wajib berpakaian hitam putih, rapi dan sopan.
4. Alat tulis diperlukan pada saat tes.
5. Panitia tidak memproses setiap lamaran yang tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh panitia. ****