.
Home » , » Meski Peminat Tinggi, Pengrajin Sepatu Kulit Padangpanjang Masih Minim

Meski Peminat Tinggi, Pengrajin Sepatu Kulit Padangpanjang Masih Minim

Ditulih Unknown pado hari Kamis, 27 Desember 2012 | 07.10



padangmedia.com | PADANGPANJANG- Sepatu kulit yang di produksi di kota Padangpanjang mulai banyak diminati. Selain menjadi sepatu dinas oleh PNS di kota padangpanjang, juga banyak dipakai oleh masyarakat umumnya. Hal itu juga dibuktikan dengan bertambah banyaknya pesanan sepatu kota ini dari masyarakat di luar Padangpanjang.

Sayangnya, peningkatan pesanan tidak diikuti dengan perkembangan pengrajin. Sehingga kebutuhan permintaan ini tak bisa dipenuhi . Saat ini, pengrajin kulit khususnya pembuat sepatu, masih minim.

Kepala Dinas Perindag Kota Padangpanjang Drs. Reflis pada padangmedia.com hari ini mengatakan keluhannya. Apalagi saat ini sudah ada pesanan sebanyak 500 pasang dari seorang pelanggan bernama H, Lim, dari di Bukittinggi .

Pihak Dinas Perindag Kota Padangpanjang sudah melakukan kerja sama dengan H. Lim, untuk pemesanan 500 pasang sepatu selama pertiga bulan. Tetapi kerjasama ini terkendala dalam proses produksi disebabkan pengrajin masih sangat sedikit. “Jika pesanan 500 pasang ini terpenuhi, maka apemesanan akan terus berlanjut,” jelas Reflis.

Sementara untuk harga dan disain, seperti dijelaskan Drs. Reflis, tergantung kesepakatan antara pengrajin dan pelanggan. Pihak pemko melalui Perindag hanya sebagai fasilitator. “Namun sayangnya, masalah itu tadi. Minat masyarakat menekuni bidang ini masih kecil. Padahal pemko sudah mendorong pengrajin melalui pelatihan aneka kerajinan, permodalan, pemasaran, termasuk promosi, “ ulas Reflis.

Keberadaan produksi sepatu kulita oleh pengrajin di Kota Padangpanjang didukung oleh UPTD Kulit yang saat ini sudah mampu menghasilkan kulit siap olah bagi pengrajin. 

Share this article :
Komentar
0 Komentar

0 komentar :

Posting Komentar

.