.

PESSEL FISHING TOURNAMENT 2012

Ditulih Unknown pado hari Kamis, 04 Oktober 2012 | 11.28



PENDAHULUAN
Sekilas mengenai PESSEL

PESSEL FISHING TOURNAMENT tahun 2012 merupakan event Nasional dan Agenda Tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 – 21 Oktober 2012. Penyelenggaraan PESSEL FISHING TOURNAMENT selalu di sertai dengan kegiatan pemeliharaan lingkungan dan konservasi habitat ikan, kegiatan ini tetap mendukung upaya pengembangan wisata bahari khususnya wisata mancing yang berwawasan lingkungan serta meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya para nelayan pesisir.

Tujuan diselenggarakan acara Turnamen adalah :
• Mempromosikan potensi wisata khususnya wilayah Pemerintah Daerah Pesisir Selatan, diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif, serta Kamikaze Indonesia Fishing Comunity (KAMIFC).
• Mengembangkan dan memperkenalkan lebih luas kepada masyarakat mengenai kegiatan olahraga mancing di wilayah pesisir selatan Sumatera Barat
• Membina dan mengembangkan kemampuan teknis serta semangat sportifitas dari para pemancing dalam suatu wadah kompetisi.
• Sebagai bagian dari kegiatan promosi wisata bahari yang ada di Indonesia, khususnya di Pesisir Selatan Sumatera Barat, kepada pasar nasional & Internasional
• Meningkatkan kesadaran masalah konservasi alam perairan kepada setiap peserta turnamen dan masyarakat nelayan sekitar tempat turnamen.

I. PENJELASAN TURNAMEN

• Turnamen ini dinamakan : PESSEL FISHING TOURNAMENT 2012
• Turnamen diselenggarakan di perairan pesisir selatan Sumatera Barat
• Kegiatan Turnamen Mancing kelas Profesional akan diselenggarakan pada tanggal 20-21 Oktober 2012, dimulai berangkat dari Basis Turnamen di pelabuhan Panasahan Painan – Sumatera Barat, pada hari Sabtu 20 Oktober 2012 Jam 07.00 WIB, dan kembali ke Basis Turnamen pada hari minggu 21 Oktober 2012, dimana batas penimbangan Ikan, pada jam 14.00 WIB.
• Basis Turnamen di pelabuhan Panasahan Painan – Sumatera Barat
• Peserta turnamen berdasarkan Tim dengan maksimal 5 (lima) pemancing dalam satu perahu/kapal, dimana salah satu dari pemancing menjabat sebagai Ketua Tim.
• Peserta boleh mengikuti hanya sebagian hari dari keseluruhan 2(dua) hari turnamen dengan syarat memberitahukan dan mendapatkan persetujuan sebelumnya dari Panitia penyelenggara



Dengan menjunjung tinggi azas-azas Kejujuran dan sportivitas serta mendukung upaya perlindungan/konservasi bagi spesies ikan berparuh (Marlin, Layaran, Todak), Ikan Napoleon serta Jenis ikan Hiu dan Pari apabila peserta turnamen memperoleh jenis ikan tersebut agar untuk dilepas kembali/release dalam keadaan hidup , apabila hal tersebut di langgar oleh peserta, panitia akan mendiskualifikasi.

II. KETENTUAN dan PERATURAN TURNAMEN

A. TATA CARA dan PERATURAN TURNAMEN
1. Umum
a. Peraturan Turnamen mengacu pada aturan IGFA dengan menjunjung tinggi azas kejujuran dan sportivitas peserta.
b. Teknik mancing yang di perbolehkan adalah : Popping/Casting, Jigging, Trolling, Dasaran/Ngoncer.
c. Wajib menggunakan Alat Pancing berupa Joran dan Reel.
d. Penggunaan Reel Electric dan tombak tidak diperbolehkan.
e. Mancing secara hand-lining/kelosan tidak diperbolehkan, kecuali untuk mencari umpan.
f. Kapten & Kru kapal tidak diperbolehkan ikut memancing kecuali untuk mencari umpan atau ikut terdaftar sebagai peserta dalam 1(satu) team.
g. Minimal berat ikan yang diperhitungkan dalam turnamen dan yang layak untuk di timbang adalah 5kg.

2. PIRANTI MANCING
a. Dalam penggunaan Piranti/peralatan mancing (joran dan reel) di bebaskan , baik dalam jumlah maupun ukurannya asalkan tidak melanggar ketentuan tentang peralatan dan cara mancing yang diterbitkan oleh IGFA
b. Setiap peserta dapat menggunakan kenur yang terbuat dari nylon maupun PE, Monofilament
maupun multifilament (superbraid, dacron dll)
c. Penggunaan umpan alami, umpan tiruan atau kombinasi diantara keduanya diperbolehkan
Dilarang menggunakan umpan binatang mamalia dan reptil
d. Penggunaan Leader line atau tali pandu panjang max 4 meter untuk ukuran leader, jenisnya seperti fluro carbon atau jenis leader lainnya di perbolehkan
e. Penggunaan mata kail/hook adalah max 2 buah untuk ukuran & jenisnya adalah bebas termasuk kail grandong

B. PESERTA TURNAMEN
1. Peserta turnamen terbuka untuk Umum.
2. Diluar nama-nama pemancing yang terdaftar , kapal di larang membawa orang lain di atas kapal selama turnamen berlangsung kecuali dengan ijin dari Dewan Juri seperti kru TV untuk meliput , wartawan.
3. Semua peserta wajib mengikuti acara pembukaan yang di lanjutkan dengan rapat teknis turnamen dimana pada saat itu akan di bagikan pula atribut turnamen seperti : kaos turnamen, tanda pengenal, buku panduan.
4. Peserta yang tidak hadir pada saat itu dianggap telah paham dan setuju terhadap segala kesepakatan atau perubahan peraturan yang telah diambil oleh Panitia dengan peserta yang hadir pada waktu itu (rapat teknis).
5. Setiap peserta yang telah selesai berlomba diwajibkan kembali/melaporkan kepada panitia di basis turnamen.
6. Peserta dilarang membuang sampah anorganik seperti : kantong plastik, botol minuman , kaleng minuman dilaut , semua sampah anorganik harus di kumpulkan dan dibuang di darat pada tempatnya.
7. Setiap peserta wajib melakukan registrasi ulang di basis turnamen sebelum di mulai.




C. SPESIES IKAN YANG DI PERTANDINGKAN
Spesies/jenis ikan yang dipertandingkan untuk mendapat juara 1, 2 dan 3 adalah semua jenis ikan, kecuali ikan Berparuh/Billfish (marlin, layaran, todak), ikan napoleon, ikan pari, ikan hiu serta ikan yang dilindungi. Untuk juara kategori ikan species adalah ikan terberat dalam kategori species yang dipertandingkan dan tidak masuk dalam urutan juara 1, 2 dan 3.
Species ikan tersebut meliputi :
1. Tenggiri/Wahoo;
2. Tuna;
3. Barakuda;
4. Kuwe;
5. Kakap/Kurisi;
6. Kerapu;
7. Lemadang/Mahi-Mahi;
8. Amberjack


D. KAPAL DAN PERLENGKAPANNYA
1. Kapal peserta akan di undi pada malam hari saat rapat teknis ,kecuali peserta yang menggunakan kapal di luar dari yang di sediakan oleh panitia.
2. Selama turnamen berlangsung komunikasi antar basis turnamen dengan setiap peserta diatas kapal akan dilakukan melalui Tournament Radio Control
3. Radio Control berjadwal akan dilaksanakan sebanyak 5(lima) kali yaitu pada saat keberangkatan berisikan laporan jumlah orang di atas kapal pada hari Sabtu 20 Okt 2012
4. Pada pukul 10.00 WIB, pukul 13.00 WIB , pukul 16.00 WIB berupa laporan mancing
5. Terakhir pada saat kapal masuk kembali ke Pelabuhan Panasahan yang merupakan laporan jumlah orang di kapal pada hari Minggu 21 okt 2012
6. Diluar laporan jadwal Radio control diatas peserta wajib melaporkan setiap peristiwa mancing yang diperolehnya pada saat terjadi sambaran/strike sampai ikan tersebut diangkat di atas kapal
7. Petunjuk waktu yang di pakai patokan pada semua peristiwa adalah jam yang berada di meja Tournament Radio Control
8. Setiap peserta diharapkan bantuannya merilay/meneruskan berita dan laporan radio yang kurang jelas diterima antara Tournament Radio Control dengan peserta lain
9. Dalam keadaan salah satu kapal peserta mengirim sinyal darurat SOS (May Day) semua peserta lain harus berhenti mancing dan sesegera mungkin menuju tempat dimana kapal tersebut berada untuk berupaya memberikan bantuan.

E. BASIS DAN AREA TURNAMEN
1. Basis Turnamen adalah Pelabuhan Panasahan, Painan – Sumatera Barat
2. Area turnamen adalah meliputi perairan Samudera Hindia dalam radius 60 Mil dari basis turnamen.

F. DISKUALIFIKASI
1. Melanggar peraturan IGFA dan peraturan turnamen yang telah disepakati dalam rapat teknis baik yang disengaja maupun yang tidak.
2. Melakukan upaya / tindakan yang tidak sportif.
3. Ikan hasil mancing yang akan ditimbang telah melewati batas waktu penimbangan yang telah di tentukan.
4. Jika menaikkan ikan Billfish (Marlin, Layaran, Todak), Ikan napoleon, Ikan Hiu, pari dan ikan lainnya yang dilindungi.
5. Ikan yang dipancing dari luar batas area mancing yang telah di tentukan.
6. Peserta yang mendapatkan sanksi diskualifikasi tidak berhak menuntut pengembalian biaya registrasi dan atau biaya lainnya ataupun menuntut ganti rugi dalam bentuk apapun.




G. PROTES
1. Keputusan Dewan Juri mengikat dan tidak dapat di ganggu gugat.
2. Bila terjadi beda pendapat dan perselisihan paham , setiap peserta dapat mengajukan protes secara tertulis kepada Dewan Juri disertai uang jaminan sebesar Rp. 500,000 yang akan di kembalikan bilamana protes tersebut bisa diterima, paling lambat 2 jam sebelum waktu turnamen berakhir

H. LAIN-LAINNYA

1. Direktur Turnamen berhak menunda atau membatalkan turnamen apabila pihak berwenang menyatakan atau atas pertimbangannya memutuskan terjadi cuaca buruk yang bisa membahayakan keselamatan peserta.
2. Panitia turnamen berhak untuk mengubah ketentuan dan peraturan turnamen dan diketahui oleh peserta dengan di umumkan melalui papan pengumuman/rapat teknis.
3. Panitia tidak bertanggungjawab bilamana terjadi kecelakaan atau kerusakan apapun yang mengakibatkan kerugian material maupun jiwa.


III. SISTEM PENILAIAN TURNAMEN

Dewan Juri menilai berdasarkan berat ikan yang di timbang yang diperoleh setiap Team

1. Setiap peserta/team harus menyerahkan hasil tangkapan ikan yang diperoleh untuk dicatat dan ditimbang di meja Dewan Juri dengan batas waktu terakhir pada Hari Minggu tgl 21 Okt 2012 Pukul 14.00 WIB sesuai jam di meja panitia tanpa alasan apapun.
2. Berat minimum ikan yang diperhitungkan dalam turnamen ini adalah : 5 kg .
3. Jika terdapat ikan dengan berat yang sama maka ikan yang diperhitungkan adalah ikan yang terlebih dahulu di timbang menurut jam panitia.
4. Ikan yang menjadi juara umum 1 , 2, 3 tidak boleh di perhitungkan kembali dalam kategori juara spesies.
5. Ikan yang menjadi juara 1, 2, 3 serta ikan yang menjadi juara setiap kategori species menjadi milik panitia.

A. PENILAIAN UNTUK JUARA

1. Juara Umum – 1 adalah 1 ekor ikan yang terberat.
2. Juara Umum – 2 adalah 1 ekor ikan terberat ke dua.
3. Juara Umum – 3 adalah 1 ekor ikan terberat ke tiga.
4. Juara Spesies adalah 1 ekor ikan terberat pada setiap kategori species yg dipertandingkan.

B. KAPTEN & KRU TERBAIK

1. Kapten & Kru terbaik adalah yang peserta nya memperoleh Juara Umum pertama.


IV. JUARA DAN HADIAH TURNAMEN

Total hadiah kejuaraan PESSEL FISHING TOURNAMENT 2012 berupa uang Tunai , Piala ,Piagam dengan perincian sebagai berikut :

1. Juara Umum Pertama : Hadiah uang tunai Rp. 35.000.000, Piagam, dan trophy
2. Juara Umum ke dua : Hadiah uang tunai Rp. 25.000.000, Piagam, dan trophy
3. Juara Umum ke tiga : Hadiah uang tunai Rp. 15.000.000, Piagam, dan trophy
4. Juara ikan Spesies : Hadiah uang tunai, Masing-masing Rp. 1.500.000; Piagam.
5. Kapten & Kru Terbaik : Hadiah uang tunai Rp. 3.000.000; Piagam.

“Pajak Hadiah sebesar 10 % menjadi tanggung jawab peserta dan akan langsung di potong oleh pihak yang berwenang/panitia”

V. JADWAL TURNAMEN

1. Jumat , 19 Oktober 2012 :
08.00 – selesai : Pembukaan acara oleh Menpora
21.00 – 23.00 WIB : Reg ulang & Pembagian atribut
23.00 – 23.15 WIB : Sambutan
23.15 – 24.00 WIB : Rapat Teknis

2. Sabtu, 20 Oktober 2012 :
07.00 – 07.10 WIB : Pelepasan dan start Mancing oleh Bupati Pesisir Selatan

3. Minggu, 21 Oktober 2012 :
14.00 WIB : Batas Akhir Penimbangan (melewati jam tersebut didiskualifikasi)
14.00 – 15.00 WIB : Rekap Hasil Juara
15.00 – 16.00 WIB : Pengumuman Juara dan pembagian Hadiah

Bila peserta tidak hadir dalam acara penyerahan hadiah , maka hadiah akan diberikan kepada juara berikutnya

VI. Biaya pendaftaran dapat di transfer ke rekening :

Bank BRI Cabang Painan, Sumatera Barat.
No Rekening : 5483-01-016260-53-2
Atas nama : Afrida, SH.
Formulir pendaftaran dan slip bukti transfer dapat di fax / email ke 0756-22620 / tourism_pessel@yahoo.co.id

Atau untuk rekan rekan di Jakarta, dapat melalui,

Bank BCA
No Rekening : 764-034-555-6
Atas nama : Suyanto
Formulir pendaftaran dan slip bukti transfer dapat di fax / email ke 021-6915336 ( Bursa Pancing ) / yantosu12@yahoo.com

Hotel yang di rekomendasikan :

1. WISMA ANORDIO, Jl. RAWANG PAINAN, ( 0756 ) 22302
2. HOTEL ADHIKARYA Jl. ILYAS YACUB - PAINAN, ( 0756 ) 22157


Share this article :
Komentar
0 Komentar

0 komentar :

Posting Komentar

.